Sejarah DotA dan Variannya

By Cinder on 7:00 PM

Filed Under:

DotA Classic

Seri ini adalah DotA orisinil, yang dimulai oleh Eul, pencipta dan editor pertama. Peta/map RoC ini dianggap oleh beberapa pemain DotA sebagai seri peta/map paling seimbang dan paling bagus. Eul, editor orisinil dan pencipta DotA, sejak itu mengumumkan peta/mapnya sebagai open-source, dan untuk sekarang ini tidak ada editor resmi untuk peta/map RoC DotA.

Namun demikian, ada editor tidak resmi yang peta/mapnya sering diadakan. Editor yang paling terkemuka sekarang ini adalah Quantum.dx (3.6d, juga 3.95c, 4.0 untuk TFT), Fluffy_bunny (seri 3.7, 3.8x dan 3.9x), Ryude (seri 3.7x), dan Danite (seri Rumble 3.x, Danites Hell, dan Multimode 4.0). DotA Classic untuk RoC mempunyai kelompok/kaum yang terus berlanjut untuk bermain dengan masing- masing dan juga menyelenggarakan turnamen.

Versi paling populer di kebanyakan server adalah 3.7 (diciptakan Fluffy_bunny), sedangkan 3.6d masih dimainkan di Asia. Seri 3.7x, 3.8x dan Rumble semuanya dimainkan di game publik dalam jumlah yang cukup banyak.


CHAOS

Chaos merupakan port berbahasa Korea, dan tidak populer di luar Asia, walaupun ia memiliki banyak pemuja di sana.

Danite’s Hell

DotA Danite’s Hell adalah versi DotA 3.7 dimana skill hero dipilih secara acak. Beberapa kemampuan/skills ditinggalkan/ditiadakan, misalnya yang perlu di naikin levelnya/level up cuma satu kali atau dua kali saja, atau akan tidak praktis di kebanyakan hero. The Stealth Assassin, misalnya, mempunyai banyak gerakan/moves yang cuma perlu dua level untuk diupgrade. Versi ini sangat populer dengan banyak pemain karena tingkat baru ketidakpastian.

Allstars

-Perkembangan/Development

Untuk sekarang ini, dalam kebanyakan versi Allstars, peta/map mempunyai banyak hero dan item dibanding DotA orisinil, dan sering diupdate, yang bisa menjelaskan kepopulerannya sekarang ini. Namun demikian, kepopuleran ini memunculkan kontroversi atas siapa yang harus diakui untuk kepopulerannya. Sebagai contoh, sejumlah pemain Classic merasa tersinggung dengan Guinsoo karena “mencuri” game mereka, terutama karena dia diduga “meminjam” dengan mirip kebanyakan dari pemicu/triggers, spell, hero dan item dia dari orang lain; Guinsoo, untuk bagiannya, mempertahankan bahwa peta/mapnya diciptakan dari awal (selain susunan/layout peta/map) dan didasarkan secara spiritual dari kerjaan Eul. Bagaimanapun juga, Allstars tetap banyak dimainkan di The Frozen Throne, dan adalah peta/map custom Warcraft 3 paling populer.

Bugs di versi 5 dari Allstars mendesak kebanyakan orang untuk menawarkan perbaikan kepada Guinsoo tapi perkembangan/development kode buram dan jadwal pengeluaran terserah kepada kebijaksanaan. Karena begitu, peta/map bercabang di versi 5.84b. Guinsoo mengikuti gerakan massal untuk MMORPG Warcraft yang populer, dan IceFrog mengambil alih sebagai kepala proyek sejak versi 6.

-Kecenderungan pemain sekarang

Sekarang ini, pemain menunjukkan minta yang bertambah ke versi 6.xx karena dengan masing-masing versi berurutan, lebih banyak bug yang diperbaiki dan peta/mapnya dipercaya lebih stabil dan seimbang. Versi 6.32b, versi resmi yang paling baru, adalah yang paling sering dimainkan di Battle.net dan kelompok-kelompok LAN. Telah diperhatikan bahwa hanya Malaysia dan Turki yang masih sering memainkan 5.84c di server-server Battle.net. Kebanyakan dari orang Turki lebih memilih untuk “lengket” ke versi 5.84c karena perubahan besar ke peta/mapnya, keseimbangan baru dari hero dan item-item baru. Mode yang hadir dimana-mana adalah mode -allrandom (-ar).

Sekarang ini, DotA Allstars sangat populer di kebanyakan pemain di seluruh dunia, seperti yang diperhatikan di server Battle.net dan jaringan/network PvPGN dari server pribadi. Pemain dari DotA Allstars, khususnya di kawasan Asia, kadang-kadang ke cybercaf├ęs untuk pertandingan persahabatan dan turnamen uang.

DotA Allstars juga ditampilkan di Malaysian and Singaporean World Cyber Games 2005.

Outland

DotA Outland adalah variasi Frozen Throne lainnya dari DotA, kebanyakan dipelihara oleh Softmints dan JackOfBlades, tapi sekarang semua pekerjaan telah dioper ke emjlr3 untuk sementara, yang sangat berpengalaman dengan JASS, dan akan mampu memberi dimensi baru dari perbuatan hero ke Outland. Ia lebih sedikit terkenal dibanding Allstars, tapi diupdate jauh lebih sering. Ia lebih berbasis hero daripada berbasis item, sedikit lebih lambat lajunya daripada Allstars, dan hero-heronya berbeda sepenuhnya. Perkembangan/development telah dimulai lagi setelah banyak waktu digunakan untuk memperbaiki lag spikes yang tercipta di 4.4b.

- Membandingkan Outland dengan peta/map AoS lain

* Dibandingkan dengan DotA Classic: Ia Aeon of Strife yang lebih berbasis hero, dengan lebih sedikit perhatian di bangunan dan upgrade-upgrade, dan permainan lebih cepat.
* Dibandingkan dengan Allstars: Lebih sedikit perhatian di penghancuran lawan dengan item lebih kuat; meskipun kemenangan dengan pembangunan item sangat kuat sangat memungkinkan.

- Karakteristik unik dari Outland

* Item jauh lebih kurang kekuatannya dan lebih spesifik di karakter.
* Recipes ditempatkan diluar pintu masuk dari air mancur, tiga buku di tumpuan. Item level 3 tidak tidakseimbang, mempertimbangkan biaya emas/gold yang umumnya tinggi dan hanya bonus yang sedang saja.
* Aspek “challenge”(liat di bawah).
* Penggunaan waygates untuk transportasi.
* Switch-switch mengkontrol kemampuan/ability untuk menaikkan/menurunkan jembatan-jembatan, yang bisa merubah kemungkinan jalur lari.
* Nilai dari item-item yang dibawa hero menentukan hadiah/bounty emas/gold yang diperoleh dari membunuh dia. Misalnya, kalau seorang hero membawa item-item yang senilai 6000 emas/gold, 600 akan ditambah ke hadiah/bounty dia, karena dia lebih sulit untuk dibunuh.
* Menghancurkan menara/tower musuh memberikan Energy yang bisa dipakai untuk mengupgrade menara/tower atau pasukan bersahabat. Energy juga diperoleh dari pembunuhan hero dan bisa ditukarkan dengan emas/gold di salah satu toko-toko atau dipakai untuk mengupgrade item-item.
* Reputasi untuk beberapa herp-hero yang unik dan orisinil dengan kemampuan/skill yang bervariasi. (Dikit yang diketahui tentang DotA CHAOS di kawasan ini.)

- Tantangan/Challenges

Tantangan/Challenge, sangat mirip dengan powerup Runes di Allstars, adalah aspek menarik di Outland. Seorang pemain mengambil sebuah rune, lalu diberi sebuah tantangan/challenge untuk diselesaikan. Kalau pemain itu berhasil, dia mendapat 750 emas/gold; kegagalan akan menyebabkan kehilangan level, yang lebih signifikan di Outland daripada versi lain. Ini memberi tekanan kepada pemain untuk menyelesaikan tujuan.

Tantangan/Challenges yang ada sekarang ini:

* Slaughter - Salah satu hero di tim musuh dipilih, dan harus dibunuh dalam 3 menit.
* Survival - Bertahan hidup selama 3 menit, dengan 1000 hadiah/bounty emas/gold di kepala kamu, kamu adalah musuh terhadap creeps dan menara/tower kamu, dan creeps mereka - tidak ada persembunyian di markas/base kamu. Lokasi kamu di-ping untuk setiap pemain setiap detik.

Hanya satu tantangan/challenge yang bisa aktif di satu waktu, tapi dua tantangan/challenge bisa dipegang bersamaan oleh seorang pemain.

-Hero-hero

Variasi-variasi hero di Outland berbeda dari versi lain dalam banyak hal. Pertama, kenaikan experience sangat lambat di awal permainan, dan item-item diprioritaskan. Kedua, hero-hero lebih berfungsi kepada tujuan mereka, misalnya, Red Stain adalah “pembunuh hero/hero-killer” yang hebat, namun kemampuan “mendorong/pushing” dia sangat lemah, kecuali pembangunan item dia sepenuhnya (urutan dan pilihan item) difokus padanya, membuat ia memiliki kemampuan yang sedang untuk kedua-duanya.

Pembunuhan hero/hero killing juga adalah tugas yang sulit, karena hero-hero pada umumnya lebih ulet, dan semua hero mempunyai akses kepada “escape move” (kemampuan/ability yang membantu untuk lari/escape dari seorang hero yang mencoba untuk membunuh hero satu lagi). Ada banyak macam hero “istimewa/special” dalam permainan dari hero lain, terutama “Shadowdancer” yang gaya/style gerakan/movesnya didasarkan pada “blinking” (teleport jarak dekat) dan Focus Monk, yang perlu memasuki “Trance” setiap 60 detik untuk memulihkan tenaga/energynya. Ini memerlukan 5 detik untuk diaktifkan, dan kemampuan/skill dia memperoleh bonus pada saat kemampuan/skill ini diaktifkan. Hero-hero dengan kemampuan/ability ini ditentukan oleh tulisan merah yang menunjukkan kemampuan-kemampuan/abilities saat memilih hero.
You might also like:



Related Post :

0 comments for this post

Post a Comment

©Copyright © 2006 DotA Map • Design by Entercheat